Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Kodok-Kodok ini mempunyai Bentuk yang Aneh

Masing-masing orang punya daftar hewan menggelikan dan menjijikan bagi mereka. Ini tidak selalu berarti mereka takut, tapi lebih tepatnya geli. Beberapa orang takut dengan cicak, tokek dan sejenisnya. Menurut mereka, tubuh cicak yang lunak dan menempel itu membuat geli. Ada juga yang geli dengan ular. Katanya sisik ular yang keliahatan berlendir bisa bikin bulu kuduk mereka berdiri. Saya pribadi sangat anti dengan laba-laba dan katak. Laba-laba, tentu saja, binatang paling meggelikan dengan 8 kaki yang bergerak cepat. Tidak cuma itu, mereka juga kadang cukup tolol untuk malah mendekat ke kita saat kita berusaha mengusirnya.

Nah, kalau bicara soal katak sendiri, ini binatang yang pembencinya tidak hanya saya. Diantara 10 orang, 15 diantaranya kemungkinan besar tidak tahan dengan binatang pelompat yang berlendir dan berbunyi aneh ini (Oke, mungkin angkanya sedikit hiperbola. Tapi saya geli!). Masalahnya, katak di dunia ini masih banyak lagi yang memiliki bentuk super aneh dan unik yang kemungkinan besar belum pernah Anda temukan di kamar mandi atau di selokan depan rumah Anda. Berikut ini akan saya suguhkan 5 jenis katak yang paling aneh di dunia. Gambar-gambar yang akan saya masukkan beberapa diantaranya adalah HD, jadi bagi mereka yang tidak tahan katak saya sarankan untuk tidak lanjut ke bawah sebelum melakukan pemanasan, berdoa, dan minum UC-1000. Berikut ini 5 katak paling aneh di dunia.

1. Katak Marsupial

Kita mulai dulu dari katak yang tidak terlalu ekstrim, karena saya berharap tidak ada korban jiwa karena tulisan ini. Yang pertama adalah katak Marsupial, atau yang di tanah kelahiran saya disebut dengan Gastrotheca. Sepintas, tidak banyak yang berbeda dari katak ini. Bentuknya hampir seperti katak berlendir, menjijikkan dan menggelikan yang rata-rata bisa Anda temukan di selokan. Keunikan katak yang satu ini terletak pada caranya bereproduksi.



Katak ini memiliki kantung sirip di punggung bagian bawahnya. Kantung ini hanya dimiliki oleh katak betina saja karena fungsinya adalah untuk mengandung anak-anaknya. Jadinya, saat mengandung katak ini seperti sedang mendapatkan beberapa jerawat batu di punggungnya. Lebih anehnya lagi, pada beberapa spesies sang katak jantan membuahi kantung sang betina tersebut dengan bantuan kakinya. Sungguh sebuah perkawinan yang tidak romantis. Selain itu, katak marsupial adalah satu-satunya jenis katak di muka bumi ini yang memiliki gigi asli di rahang bagian bawahnya. Sebenarnya saya pun tidak perduli secara tanpa gigi pun katak sudah kelihatan cukup buruk. Tapi ini lumayan penting sebagai input baru untuk otak Anda.

Katak Marsupial dapat ditemukan di Argentina dan Kostarika.

2. Katak Dengan Bulu


Apakah Anda benci dengan tarantula? Anda tidak sendirian. Saya pribadi juga memiliki kebencian yang sangat besar terhadap tarantula melampaui kebencian saya terhadap pejabat pemerintah. Pernahkah Anda bertanya kenapa? Wait, saya tau kenapa. Karena bulunya! Ya, bulu. Ini alasan yang sama kenapa saya membenci Chuck Norris.

Nah, sekarang kita kembali ke katak. Pernahkah Anda membayangkan seekor katak dengan buku di tubuhnya? Tanpa bulu saja, Chuck Norris katak sudah menjijikkan. Dengan bulu, katak tersebut pasti hanya ada dalam mimpi buruk saja. Itu pikir saya sebelum saya menemukan fakta tentang keberadaan Trichobatrachus robustus. Katak yang juga disebut dengan Horror Frog ini memiliki jumbai bulu di sekitar perut bagian samping hingga selangkangannya!


Katak ini sebenarnya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari kebanyakan katak yang bisa Anda jumpai di Indonesia. Hanya saja, katak ini keliahatan jauh lebih menyeramkan dari katak biasa. Katak ini sepertinya hidup di habitat yang keras karena katak bulu adalah satu dari sedikit katak yang memiliki cakar yang unik. Cakar mereka tidak terbuat dari keratin, melainkan terusan langsung dari tulang mereka yang mencuat keluar dari keempat kakinya. Ini tentu saja alat perlindungan diri yang jauh lebih sakti ketimbang cakar biasa, apalagi karena cakar mereka terbungkus lapisan pelindung yang hanya dikeluarkan ketika dibutuhkan seperti kucing.

Anda patut merasa lega karena selain dalam mimpi buruk Anda, katak ini tidak ditemukan di tempat lain kecuali di pedalaman Afrika tengah.

3. Katak Raksasa


Katak besar yang banyak diketahui orang adalah American Bullfrog. Tapi sebenarnya, ada lagi katak dengan ukuran yang super jumbo hingga mencapai ukuran 33 sentimeter! Katak ini disebut katak Goliath atau Conraua goliath. Katak ini bentuknya standar saja, tidak banyak berbeda dengan katak-katak lain yang biasa Anda lihat. Hanya saja besarnya bisa membuat Anda shock berminggu-minggu, apalagi kalau sampai nempel di kaki.

Katak ini tidak dapat mengeluarkan suara konyol nyaring seperti kebanyakan katak karena ukuran kantung vokalnya yang tidak berbanding lurus dengan badannya yang gempal. Disamping badannya yang terlihat kegemukan, sebenarnya katak ini bahkan bisa melompat dengan jarak 3 kali lebih jauh dari jarak lompatan kebanyakan katak. Mau tau seperti apa perbandingan ukuran katak goliath dengan manusia? Baca juga : Kodok Raksasa ini Mirip Monster di film-film


Sekedar untuk verifikasi saja, katak raksasa yang dimaksud yang sebelah kiri ya.

Jangan kuatir. Katak ini hanya dapat ditemukan di Afrika Tengah dan sekitar Kamerun. Tapi keberadaan katak ini juga diasumsikan sedang berada dalam bahaya karena sering kali menjadi target pemburu. Ya, banyak orang aneh yang memperdagangkan katak raksasa ini dan banyak juga orang yang lebih aneh yang gemar membelinya. Untuk tujuan apa, saya tidak tahu. Tapi dengan alasan itu, mungkin saja Anda akan dapat melihat katak raksasa ini di Indonesia. Mungkin di pameran atau kebun binatang. Yang jelas, bukan di selokan depan rumah.

4. Katak Ungu


Oke, dengan perlahan namun pasti kita bergerak maju ke katak yang sudah hampir tidak menyerupai katak. Kita mulai dengan katak ungu atau Nasikabatrachus sahyadrensis. Katak ini memiliki beberapa nama dalam bahasa Inggris, antara lain katak ungu India dan katak moncong babi. Saya pribadi menilai katak ini sebagai katak yang paling menggelikan yang pernah saya lihat. Ini karena tubuh katak ungu selalu berlendir, jauh lebih bulat dari kebanyakan katak, dan dilengkapi dengan kepala yang tergolong kecil diakhiri dengan moncong seperti babi. Belum lagi kakinya yang gempal dan terlipat masuk ke dalam badan gemuknya. Pokoknya katak ini adalah seaneh-anehnya katak.


Katak ini tidak sulit ditemukan ketika berada di daratan. Pasalnya, selain bertubuh gempal dan memiliki panjang rata-rata 7 cm, katak ini memang berwarna ungu. Katak ungu dewasa memiliki warna ungu tua, sedangkan yang muda memiliki warna ungu yang sedikit lebih terang. Saya yakin, penggila warna ungu sekalipun akan pindah aliran setelah melihat katak ungu berlendiri ini.

Untungnya, katak ungu ini hanya dapat ditemukan di bagian Barat India. Beberapa peniliti juga menemukan bukti-bukti keberadaannya di Madagascar. Yang jelas, Anda tidak akan menemukannya di tempat tinggal Anda hari ini, besok atau lusa.

5. Katak Kura-Kura


Katak yang satu ini juga sudah memiliki penampakan yang hampir tidak sama dengan kerabat kataknya. Anehnya lagi, ia malah lebih menyerupai kura-kura daripada katak, dari bentuk badan hingga perilakunya. Itu kenapa katak ini disebut katak kura-kura.

Tentu saja berlendir seperti kebanyakan katak. Tapi bedanya, katak kura-kura atau Myobatrachus gouldii ini memiliki tubuh yang bulat, kaki-kaki yang besar, dan kepala yang kecil (seperti kura-kura hanya saja tanpa cangkang). Kelakuannya pun nyaris seperti kura-kura. Katak ini memiliki kuku yang dapat ia gunakan untuk menggali masuk ke dalam pasir. Tapi berbeda dengan katak, ia tidak menggali ke bawah tapi menggali ke depan seperti layaknya kura-kura (jangan kuatir, bukan hanya Anda tapi saya juga baru tau kalau kura-kura menggali pasir ke depan. Saya bahkan tidak tau betul maksudnya apa.)



Katak kura-kura ini sebenarnya berpotensi besar menjadi katak paling mengerikan dan menjijikkan di bangsa kura-kura. Untung saja ukurannya tidak tergolong besar dan hanya mencapai rata-rata 45 millimeter saja. Jadi kalaupun Anda ketemu, kemungkinan besar mati terinjak tanpa Anda bahkan sadari. Katak ini adalah spesies katak unik dari Australia bagian Barat. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, ada kemungkinan suatu hari Anda dapat bertemu dengan salah satu katak ini di kebun binatang atau animal freak show.


Kodok-Kodok ini mempunyai Bentuk yang Aneh Reviewed by andi msc on 05.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.