Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Hidangan Makanan Tahun Baru di Jepang

Tahun baru sebentar lagi nih! Merayakan tahun baru selalu ditunggu-tunggu karena selalu ada keseruan dimana-mana. Tapi tahun baru tentunya nggak lepas dari acara makan-makan, setuju? Nah, kalau di Indonesia sendiri, perayaan tahun baru identik dengan bakar-bakar jagung, ayam, daging, dll. Di Jepang juga ada makanan khas pergantian tahun baru yang menggugah selera lho! langsung di cek bro & sis :

1. Osechi Ryōri


Osechi Ryōri adalah hidangan yang biasa disiapkan saat pergantian musim dan tahun. Makanan ini disajikan dalam kotak-kotak kayu yang disebut Jubako. Lauk yang disajikan bermacam-macam dan penuh warna yang menarik. Makanan yang ada di dalam Jubako pun melambangkan kesehatan, kesuburan, panjang umur, kebahagiaan, dll.

2. Mochi


Warga Jepang punya tradisi unik jelang tahun baru, yaitu mochitsuki yang berarti menumbuk mochi. Mochi juga merupakan makanan pengganti nasi selama tahun baru lho! Selain itu, mochi yang imut ini juga dijadikan hiasan untuk tahun baru yang disebut kagami mochi. Cute banget ya!

3. Soba


Soba adalah salah satu jenis mie dari Jepang yang dibuat dari gandum hitam. Kalau udon cenderung tebal dan besar, soba lebih panjang dan tipis. Nah, uniknya soba dapat dimakan dalam keadaan panas maupun dingin, dan keduanya sama-sama enak. Soba sendiri dianggap memiliki simbol kekuatan dan ketahanan. Hal itu dilambangkan oleh tanaman gandum hitam yang kuat dalam terpaan angin sekencang apapun.

4. Konbu


Konbu ini sebenarnya adalah ganggang laut yang biasa dikonsumsi orang-orang di Asia Timur. Di Jepang, kombu dipakai dalam masakan Jepang sebagai bahan dasar kaldu yang disebut dashi, yang nantinya akan dimasak bersama sayur-sayuran dan daging, atau diproses menjadi makanan olahan sebagai lauk teman makan nasi. Makanan yang mirip dengan rumput laut ini melambangkan sukacita, dan biasa disajikan saat tahun baru.

5. Nanakusa Gayu

 

Nanakusa adalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan tanggal 7 Januari di Jepang, dan semua orang akan memakan bubur nanakusa (nanakusa gayu) yang merupakan campuran beras dengan 7 sayuran. Selain itu, bubur nanakusa dipercaya menjauhkan orang dari segala macam penyakit. Bubur ini biasa dimakan saat penutupan tahun baru, sekitar tanggal 7 Januari. Bubur ini dipercaya mampu menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.

Nah itu dia makanan-makanan khas yang wajib ada saat tahun baruan di Jepang. Kalau kamu ada makanan khusus nggak untuk tahun baruan? Share yuk!


Artikel ini dikutip dari 5 Makanan Khas Pesta Tahun Baru di Jepang
Inilah Hidangan Makanan Tahun Baru di Jepang Reviewed by andi msc on 20.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.