Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Sejarah Asalmula Sepeda Fixed Gear Fixie di Dunia

Belakangan kita sering melihat anak-anak muda mengendarai sepeda di jalan raya, berwarna warni dan kalau dilihat secara 5eksama, kesamaan mereka terletak pada gear dan rem, satu gear dan tanpa menggunakan rem, sepeda jenis ini begitu populer sekarang dengna nama fixie, berikut apa dan bagaimana lahirnya sepeda hingga sampai ke desain fixie dan folding.

Sejarah awal sepeda sepertinya masih agak membingungkan. Beberapa artikel merujuk kepada sebuah sketsa sepeda yang diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1490-an. Namun keotentikan sketsa ini masih diragukan, dan diteliti oleh pihak sejarah dan kebudayaan Italia.

Masih ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda, namun sepertinya sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yang cukup diakui adalah pada tahun:
1817: Draisienne
Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yang kemudian dikenal dengan nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tidak memiliki pedal untuk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yang mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah…(jadi ingat mobilnya The Flinstones^^).

Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818, dan kemudian lebih dikenal lagi dengan nama Velocipede.

1839

Sepeda pertama yang memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi dari Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dengan teknik pada lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi oleh seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860.

1860~1865: Bone-Shaker

Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pada sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yang menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yang mengajukan klaim atas ide tersebut. Yang jelas, menempatkan pedal pada roda depan terbukti bukan ide yang sempurna, karena akan membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pada roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi.

cyc_boneshaker.jpg (450×304)

Namun dengan desain yang rigid, rangka dan roda besi, serta kondisi jalanan yang berbatu-batu pada masa itu membuat sepeda ini dikenal dengan nama Bone-Shaker…alias pengocok tulang, hehehe.

1868

Sepeda pertama yang menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan.

1870: High-Wheeler

James Starley, seorang Perancis menciptakan sepeda pertama yang menggunakan roda depan yang sangat besar, yang dikenal dengan nama Penny-Farthing. Penny-Farthing sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yang besar membuat pengendara dapat berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan juga resiko yang besar apabila berhenti mendadak ataupun meluncur pada turunan, karena jatuhnya pasti lebih sakit.

Sepeda ini sangat populer pada tahun 1880an, dan merupakan sepeda pertama yang mendapat sebutan Bicycle (dua roda). Bagaimanapun, yang menyandang nama Bapak Sepeda Tinggi (High Bicycle/High Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.

1874

Sepeda pertama yang menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J. Lawson.

1878: Portable Bicycle
FoldedBrompton1-300x294.jpg (300×294)
W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler versi portabel. Beberapa pihak ada yang menyatakan bahwa inilah sepeda lipat yang pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yang diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bukan sepenuhnya sistem lipat.

1885: Safety Bicycle

John Kemp Starley memperkenalkan Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dari High Bicycle yang berbahaya. Model safety bike ini sudah dilengkapi dengan berbagai unsur yang dimiliki sepeda modern.

1893: Folding

Seorang Amerika bernama Michael B. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yang sesungguhnya.

1896: Recumbent

Recumbent Bicycle muncul pertama kali. Model Recumbent adalah tipe sepeda dimana pengendara dapat duduk bersandar atau bahkan rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda depan lebih kecil dari roda belakang.1900~1950

Awal abad 20, 1900 – 1910, popularitas sepeda tersaingi oleh kehadiran teknologi baru bernama mobil. Tahun 1920 dan selanjutnya sepeda mulai dianggap sebagai mainan anak-anak ketimbang sebuah alat transportasi. Namun di era inilah munculnya sepeda jenis Cruiser. Jenis yang terkenal untuk ketahanan dan juga beratnya ini diperkenalkan oleh Schwinn pada tahun 1933, serta menjadi populer pada 1940~1950. Bentuk Cruiser menyerupai sepeda motor pada masa itu…hanya saja tanpa motor.

1960~1973: BMX, Lowrider, Race/Road Bike

Sepeda kembali diminati sebagai alat rekreasi dan juga alat olahraga, di samping fungsi transportasi. Di era inilah sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir di muka bumi California, AS. Dan di awal tahun 1960 juga menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yang dapat dibedakan dari bentuk sadel yang umumnya panjang dan sedikit meliuk, stang yang tinggi dan panjang, rangka chrom yang curvy, serta berbagai macam aksesoris lainnya.
Selain itu, sepeda jenis balap mulai digarap dengan desain yang khusus pada awal 1960.1977: Mountain Bike Prototipe pertama Sepeda Gunung dikembangkan oleh Marin Co. di San Fransisco, AS. Produksi massal sepeda gunung diawali pada tahun 1981.

FIXIE BICYCLE (FIXED GEAR)


fixie-bike-2.jpg (540×359)

Pada prinsip sepeda Fixie adalah sepeda dengan ‘gear mati’ alias Fixed Gear alias tidal free wheel.. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).

Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah kelahiran saya di Amerika sana, persisnya di New York.

mgiant11.jpg (520×347)

Mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Fixie Bike, yang menggunakan Fixed Gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal.. atau biasa di sebut dengan sistem ‘door trape’..

Kalau kepingin mudah ngebayaginnya, om dan tante bisa membayangkan teori ayunan pada becak..

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang.
(biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar).

3893975095_90dfd951cc.jpg (500×344)

Tapi untuk yang penasaran untuk kepingin punya fixie, sekarang ada alternative, seperti :
  • Biasanya untuk mensiasati penggunaan gear door trape , juga dipasangkan gear free wheel, jadi pada hub belakang ada dua gear di kanan dan kirinya. Satu sisi untuk sistem door trape, sisi lain untuk free wheel 
Jadi kalo mau nyaman dan aman, tinggal dibalik aja bannya,,….asalal jangan lupa, sebaiknya juga pake ban luar dengan sistem “all direction”
  • Bisa ditambahkan dengan rem depan saja,…(ingat sepeda fixie adalah sepeda yang simple…jadi nggak banyak assesoris) 
Kenapa rem depan saja?, karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.

FOLDING BICYCLE (LIPAT)

1890-an


Banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari Michael B. Ryan dari Amerika Serikat. Henry Gerard dari Perancis. Ia malah menciptakan Seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan Seli di Eropa mulai bermunculan seperti Dursley-Pedersen (England), Faun (England), Fongers (Holland), Peugeot (France), Bianchi (Italy), Leitner (Rusia)

Era PD 1 dan PD 2


bicycle10.jpg (377×250)

Perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan Inggris BSA (Birmingham Small Arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan Columbia asal AS memproduksi Compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)

1970-an


P1020760.jpg (1902×1070)
Produk seli mulai booming di AS dan Inggris. Salah satu produk AS yg paling laku dan populer adalah Raleigh Twenty Stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya Sturmey-Archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di Perancis ada Peugeot, Italy ada Bianchi dan juga Graziella dan Formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.

Era 1980-Sekarang


Dahon

strida3.jpg (537×402)
Strida! modelnya ajib gan liat nih!

Birdy gan yg kayanya sih sepeda lipet TOURING no 1!!

polygonurbano.jpg (461×322)
Polygon Urbano
Sejarah Asalmula Sepeda Fixed Gear Fixie di Dunia Reviewed by andi msc on 19.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.