Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Kreasi Unik dari Bekas Botol Plastik

Dalam kesehari-harian banyak botol bekas yang terbuang begitu aja dan membuat fungsinya lebih bermanfaat. Botol-botol ini dapat dimanfaatkan kembali untuk menambah nilai manfaat, estetika serta nilai ekonomi. Berbagai gagasan kreatif pun muncul untuk memanfaatkan cara mengolah kembali botol bekas ini.

Dalam sesi ini akan kita membahas, cara-cara memanfaatkan kembali botol-botol bekas menjadi menjadi barang yang mempunyai nilai-nilai yang lebih berguna. Memanfaatkan botol-botol bekas juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan lingkungan hidup. Berikut ini ada beberapa cara membuat botol-botol bekas tersebut menjadi suatu karya yang sangat kreatif.
1. Dekorasi Bunga untuk Rumah.




Kalau kamu memiliki botol bekas yang tidak terpakai dalam jumlah banyak, tetapi bingung mau dibuat apa, kreasi seperti foto diatas dapat Anda lakukan. Dengan memotong bagian bawah botol dan kemudian menyusunnya kembali dengan menggunakan tali/benang, kamu dapat memperindah jendela pada rumah atau ruangan tamu. Karya yang sangat sederhana tetapi mempunyai nilai estetika dan lebih bermanfaat. Selain itu juga Anda dapat menambahkan hiasan lampu LED yang kelap kelip tepat di bagian belakangnya, dan disaat malam tiba hiasan dari botol bekas ini memberikan suasana hangat di rumah.

2. Tas Kecil untuk Koin atau tempat penyimpan barang.




Kreasi botol bekas ini dinamakan Tas Kecil Penyimpan Koin. Caranya menggabungkan dua buah potongan bagian belakang dari botol bekas tersebut dan menambahkan resleting. Botol bekas dapat diolah kembali menjadi sebuah produk yang bernilai tambah dan nilai jual yang lebih tinggi. Selain berguna, desain ini memiliki tampilan yang sangat menarik.Dan Anda juga dapat mengkreasikan ide-ide yang lainnya seperti yang diatas ini.

3. Sapu dari Botol Bekas


Dengan sedikit usaha dan kreatifitas kamu juga dapat memanfaatkan kembali botol bekas menjadi sapu. Selain itu, kegiatan berkreasi ini dapat kita gunakan untuk menyalurkan hobi serta mengisi waktu luang. Untuk membuat sapu dari botol bekas ini, peralatan yang diperlukan tidaklah rumit, cukup dengan menggunakan botol bekas, alat pemotong dan gagang yang terbuat dari kayu, kita sendiri dapat membuatnya di rumah.

4. Pot Bunga.



Bercocok tanam di dalam rumah, adalah solusi bagi rumah dengan halaman yang kecil. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam tanaman obat namun tidak memiliki halaman rumah yang luas, menjadi alternatif yang cocok Anda gunakan. Tempat yang paling ideal untuk menanam tanaman obat adalah tempat yang terkena dari sinar matahari. Tanaman setidaknya membutuhkan cahaya matahari secara langsung kira-kira 1-2 jam per hari, dan 12 jam cahaya matahari tidak langsung. Tempatkan tanaman dekat jendela adalah tempat yang paling ideal. Salah satu meda yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan botol bekas yang Anda miliki dan dirangkai sedemikian seperti foto diatas. Perlatan yang Anda butuhkan cukup sederhana antara lain botol bekas, alat pemotong seperti kartel atau pisau, tanah dan bibit tanaman. Kreasikan ide Anda dengan botol-botol bekas yang Anda miliki menjadi wadah tanaman yang mempunyai banyak variasi yang bisa Anda buat.

5. Tempat Penyimpanan Koran.


Desain inovatif dengan menggunakan botol bekas sebagai tempat penyimpanan koran ini bisa Anda praktekkan di rumah. Selain menarik, desain ini mempunyai nilai manfaat yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sedikit modifikasi botol bekas yang semula tidak terpakai dapat terlihat lebih indah dan memiliki nilai manfaatnya. Anda juga dapat mendesain sesuai dengan keinginan Anda, membuatnya semakin unik dan kreatif.

6. Tempat Lilin



Dengan sentuhan sedikit desain yang sederhana pun dapat terlihat unik dan indah. Ternyata banyak hal-hal kecil yang tidak Anda perhatikan, untuk dibuat menjadi barang yang bermanfaat, contohnya tempat lilin ini seperti gambar diatas. Dengan menggunakan potongan dua botol bekas bagian atas dan menggabungkannya dapat dibuat tempat lilin yang indah. Anda juga dapat mendesain sesuai dengan keinginan Anda, membuatnya semakin unik dan kreatif.

7. Kuas Lukisan dari Botol Bekas






Kalau Anda senang dengan hal-hal yang bersifat seni, Anda dapat membuat sebuah lukisan dengan menggunakan botol bekas sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan yang indah dengan menggunakan bagian belakang botol bekas ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Ide sederhana dan menarik, hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

8. Tempat Lilin Dekoratif.


Botol bekas ternyata mempunyai banyak manfaat yang dapat Anda buat sebagai tempat lilin aroma terapi. Teknik atau cara pembuatanmya dapat dikatakan cukup gampang, dengan menggunakan potongan botol bekas, bebatuan hiasan, pasir dan lilin aroma terapi Anda juga dapat melakukannya di rumah Anda.

9. Segel Plastik.



Manfaat lain dari botol bekas yang cukup praktis dan mudah adalah membuatnya sebagai penutup plastik. Selain mudah digunakan untuk jenis pekerjaan rumah tangga, menjadikan suatu hal yang unik dan mungkin tidak Anda banyangkan sebelumnya. Yang dapat Anda lakukan adalah memotong bagian atas botol dan menaruhnya pada plastik yang sudah terisi. Peralatan yang dibutuh dalam pembuatannya yaitu, siapkan botol bekas, gunting, plastik dan produk yang Anda ingin simpan didalam plastik. Pertama, guting tepat di bawah tutup botol seperti gambar diatas. Kedua, masukkan ujung plastik yang sudah terisi, kedalam penutup botol hingga plastik tadi bersisa sedikit diluar tutup botol tersebut. Kemudian Anda dapat menutup dengan penutup berwarna biru seperti contoh diatas.

10. Peredam Suara dari Botol Bekas


Yang terakhir Anda dapat menggunakan botol bekas sebagai tempat peredam suara bising. Botol plastik juga mempunyai kemampuan untuk meredam suara bising yang sangat baik. Gambar diatas adalah contoh ruangan membaca yang didesain dengan menggunakan botol plastik sebagai tempat peredam suara bising. Kreasi yang sangat ekonomis, elegan dan dimanis ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang mempunyai inspirasi memanfaatkan botol-botol bekas tersebut.

Semangat untuk membuat berbagai kreasi dari hal yang paling sederhana hingga yang paling rumit, kini telah menjadi sebuah semangat bahkan gaya hidup untuk menyalurkan bakat dan hobi Anda. Sebuah kreasi dimana sesuatu itu bukan terletak pada baik atau tidak baiknya produk yang dihasilkan, namun lebih-lebih dari sekedar kepuasan dan semangat untuk menyalurkan kreatifitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita dan semoga semangat kreatif ini juga dapat berkembang di Indonesia.

Inspirasi : Banyak cara untuk menghasilkan ide kreativitas kita, seperti contoh diatas. Hasil karya yang nilai seninya tinggi, dan mempunyai cerita tersendiri.

Inilah Kreasi Unik dari Bekas Botol Plastik Reviewed by andi msc on 01.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.