Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Mengenal Sosok Pelukis Religius Franz Ittenbach

Franz Ittenbach (lahir di Königswinter, 18 April 1813 – meninggal di Düsseldorf, 1 Desember 1879 pada umur 66 tahun) adalah seorang pelukis Jerman dari Königswinter, North Rhine-Westphalia Utara, di kaki Drachenfels.

Franz_Ittenbach.jpg (262×320)

Ittenbach memulai pendidikan seninya sebagai murid Kaufmann, lalu pergi belajar pada Franz Katz di Cologne. Di tahun 1832, Ittenbach menjadi seorang murid, pada usia 19 tahun, di Akademi Düsseldorf, dimana ia juga mendapatkan pelajaran-pelajaran pribadi dari presiden akademi tersebut, Friedrich Wilhelm Schadow. Ittenbach adalah seorang anggota dari Gerakan Orang Nazareth (Nazarene Movement) dan berhubungan utamanya dengan tiga orang rekan dan teman sekolahnya: Karl Müller, Andreas Müller, dan Ernst Deger. Keempat pemuda ini berkelana mengelilingi Jerman, belajar dan melukis bersama. Dari tahun 1839 hingga tahun 1842, Ittenbach tinggal di Italia. Sekembalinya ia ke Jerman, ia tinggal di Munich untuk beberapa waktu. Di tahun 1849 ia kembali ke Düsseldorf. Dari tahun 1859 hingga wafatnya ia adalah anggota klub artis "Malkasten".
Madonna dan Sang Putra (1855)

Franz_Ittenbach_Portrait_Soist_Franz_Xaver_1850.jpg (2144×2882)  Franz_Ittenbach_Hl_Dorothea.jpg (907×1200)

Ittenbach sangatlah religius dan secara tegas menolak semua pekerjaan yang berhubungan dengan tema-tema mitologi atau penyembahan berhala. Sebagai sebuah aturan, ia menggunakan semua tenaganya khusus untuk dekorasi gereja. Ia mendahului pengerjaan karya-karya agungnya tersebut dengan melakukan kegiatan religius yang penuh ketaatan, termasuk diantaranya melakukan pengakuan dosa dan menerima komuni.

3883998_1_l.jpg (600×789) Franz Ittenbach-954753.jpg (392×550)
Lukisan Ittenbach

Lukisan-lukisan terbaiknya konon berada di kota Bonn, di dalam gereja Santo Remigius, dan di kota Breslau di dalam sebuah gereja yang didedikasikan pada Santo yang sama. Terdapat juga lukisan "Keluarga Suci" yang luar biasa yang dibuatnya pada tahun 1861, yang dilukisnya untuk Johannes II, Pangeran Liechtenstein di dalam kapel pribadinya dekat Wina. Kebanyakan karya-karya lainnya bisa ditemukan di berbagai gereja Katolik di Jerman. Satu-satunya lukisan dindingnya yang bernilai penting dibuatnya di tahun 1844 di dalam sebuah gereja di Remagen.

Ittenbach adalah seorang pelukis tenar di lingkungan bangsawan, seorang anggota dari kebanyakan akademi Eropa, dan penerima banyak medali dan penghargaan. Ia melukis beberapa potret, namun semuanya itu tidak terlalu bernilai tinggi. Karya utamanya adalah lukisan-lukisan pada perlengkapan altar gereja.

Artikel ini dikutip dari Franz Ittenbach Pelukis Jerman


Mengenal Sosok Pelukis Religius Franz Ittenbach Reviewed by andi msc on 20.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.