Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Tempat-Tempat yang Wajib di Kunjungi di Ho Chi Minh City Vietnam

Ho Chi Minh City di Vietnam terkenal dengan jejeran bangunan cantik bergaya Eropa klasik. Selain berfoto pada bangunannya, ternyata ada 5 kegiatan seru lainnya di sana. Salah satunya adalah dinner romantis di atas Sungai Mekong!


Sebenarnya, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Ho Chi Minh City. Buku panduan Lonely Planet pun telah menuliskan 307 hal wajib yang bisa turis lakukan di sana.

Jika 307 hal dirasa terlalu banyak, Anda masih bisa menikmati serunya Ho Chi Minh City dengan melakukan 5 hal ini saja. Berikut 5 kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan saat liburan ke Ho Chi Minh City:

Dancing+Water+Puppets.jpg (1280×712)
1. Water Puppet
Hal wajib pertama yang bisa Anda lakukan saat traveling ke Ho Chi Minh City adalah menyaksikan water puppet. Dalam versi Lonely Planet, pertunjukkan ini menempati ranking ke 95. Water puppet adalah pertunjukan wayang yang sangat atraktif. Anda bisa menyaksikan pertunjukkan wayang ini di Golden Dragon Water Puppet Theater.

Pertunjukan yang berdurasi kurang lebih 60 menit ini dimulai pada pukul 18.30 waktu setempat. Yang membuat pertunjukan wayang golek ala Vietnam ini unik adalah wayangnya yang terendam dalam air. Entah bagaimana cara menjalankan wayang di dalam air dengan gerakan yang cepat, berputar-putar dan kadang akrobatik. Seru!

Gails_Hanoi_Cyclo_Ride.jpg (450×338)

2. Cyclo Riding

Kegiatan wajib kedua yang tidak boleh dilewatkan turis adalah Cyclo Riding. Aktivitas ini ditempatkan oleh Lonely Planet sebagai ranking 113, dari 307 hal yang harus dilakukan oleh wisatawan di Ho Chi Minh. Cyclo adalah becak khas Vietnam.

Berjalan-jalan di malam hari dengan Cyclo sangat mengasyikan. Dibandingkan dengan becak Jakarta, becak di Vietnam ukurannya lebih kecil. Agaknya Cyclo didesain hanya untuk mengangkut satu orang penumpang saja.

Cyclo akan berputar-putar di dalam kota dan melewati rute-rute yang menjadi tujuan para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Ho Chi Minh City Hall, Saigon Opera House, Notre-Dame Cathedral Basilica, Saigon Central Post Office, Reunification Palace, War Remnant Museum dan berakhir di dermaga Vuon Kieng di tepi sungai Saigon, tempat cruise bersandar.

Dinner+Cruise+-+4E-3.JPG (960×1280)

3. Dinner Cruise

Ini adalah kegiatan wajib nomer satu yang harus dilakukan di Ho Chi Minh, versi Lonely Planet. Makan malam di atas kapal sambil menyusuri sungai adalah hal yang paling romantis di Saigon, atau yang sekarang dikenal dengan nama Ho Chi Minh City.

Sambil menikmati Vietnamese cuisine atau makanan ala Vietnam, penumpang dihibur oleh tarian tradisional yang dibawakan oleh dua orang gadis Vietnam. Sementara di luar, pemandangan Kota Saigon di malam hari dari atas kapal terlihat cantik gemerlapan.

Perlahan kapal bergerak menyusuri sungai Saigon dan kembali lagi ke dermaga Vuon Kieng. Agaknya dinner cruise merupakan daya tarik bagi wisatawan di Ho Chi Minh City. Hal ini terlihat dari banyaknya cruise yang lalu lalang membawa penumpang untuk makan malam di atas kapal. Perjalanan dinner cruise ini memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Mekong+Ferry+Boat.jpg (700×525)
4. Mekong Tour
Aktivitas ini menduduki ranking 18, dari 307 aktivitas yang wajib dilakukan di Ho Chi Minh City versi Lonely Planet. Turis bisa mengambil paket Mekong Tour seharga VND 354.000 (Rp 163.000) yang sudah ditawarkan oleh hotel. Paket ini sudah termasuk antar jemput dengan bus ber-AC, tour guide, boat trips, buah-buahan dan makan siang.

Mekong Tour akan memakan waktu seharian dari pagi sampai sore hari. Pengalaman menyusuri delta Sungai Mekong diawali dengan perjalanan menuju daerah My Tho. Perjalanan ini akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam dari Ho Chi Minh City.

Setibanya di My Tho, perahu boat tradisional sudah menanti untuk menjelajah beberapa pulau yang berada di delta Sungai Mekong. Pulau-pulau tersebut, antara lain Pulau Dragon, Pulau Unicorn, Pulau Phoenix dan Pulau Turtle.

Perahu boat berhenti di pulau yang paling terkenal, yaitu Pulau Unicorn. Pulau ini terkenal sebagai pulau penghasil madu. Aktivitas yang dilakukan di pulau ini adalah mengunjungi peternakan lebah tradisional dan mencicipi madu langsung dari sarangnya, mencicipi beberapa minuman anggur, mencicipi buah-buahan lokal dan berfoto dengan ular piton.

Dari Pulau Unicorn, Anda bisa menuju Provinsi Ben Tre dengan menggunakan sampan yang akan menyusuri delta Sungai Mekong. Melihat kehidupan penduduk lokal di sepanjang delta sungai adalah pengalaman yang menarik. Hal ini jadi bagian yang paling tidak terlupakan.

Menyusuri sungai dengan diameter kurang lebih 4 meter, dan pohon palem memayungi sisi kanan dan kiri sepanjang sungai. Gambaran Sungai Mekong yang selama ini hanya dilihat dalam film-film perang Vietnam benar-benar nyata dihadapan mata.

Tiba di Provinsi Ben Tre, Anda bisa mengunjungi industri rumahan permen kelapa. Di tempat ini, aneka penganan dibuat dari bahan dasar kelapa. Ada permen, manisan, keripik, minyak murni, hingga wine yang terbuat dari air kelapa.

Keluar dari industri rumahan, beberapa dokar atau gerobak kuda sudah menanti. Dengan mengendarai dokar, wisatawan diajak keluar masuk perkampungan untuk menuju tempat makan siang di tengah perkebunan. Selesai makan siang dengan menu ala Vietnam, disediakan sepeda bagi wisatawan yang ingin berputar-putar di sekitar perkebunan.

Perjalanan pulang dari provinsi Ben Tre menuju My Tho dilakukan dengan menumpang perahu boat tradisional. Bagi Anda yang meyukai petualangan, Mekong Tour adalah aktivitas yang wajib dilakukan.

120423_logo-pho-hoa.jpg (500×370)

5. Mencicipi Pho
Pho (dibaca: Feu) adalah salah satu makanan khas Vietnam. Bisa dibilang, makanan ini sejenis dengan mie, dan terbuat dari tepung beras. Phou disajikan dengan kuah kaldu dan irisan daging, serta sayuran diatasnya.

Jenis-jenis kuah kaldu yang tersedia antara lain sapi, ayam, babi dan seafood. Orang Vietnam sangat menyukai daun mint. Hampir di setiap masakan selalu ada daun mint. Pho yang berkuah kaldu yang gurih menjadi segar dengan paduan daun selada, kol, toge, daun mint dan perasan jeruk lemon.

Di Ho Chi Minh City, ada satu tempat yang sangat terkenal untuk menikmati kelezatan Pho. Tempat ini dinobatkan sebagai tempat wajib no 11 dari urutan 307 versi Lonely Planet. Adalah Restoran Pho 2000 nama restoran itu.

Restoran Pho 200- menjadi terkenal namanya karena pernah disinggahi oleh mantan Presiden AS, Bill Clinton saat berkunjung ke Ho Chi Minh City. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan meja yang pernah diduduki Bill Clinton saat menikmati Pho. Restoran ini terletak di Ben Thanh Market, tempat shopping yang terkenal dikalangan wisatawan.

Selamat menjalankan lima aktifitas wajib selama di Ho Chi Minh!

Inilah Tempat-Tempat yang Wajib di Kunjungi di Ho Chi Minh City Vietnam Reviewed by andi msc on 08.23 Rating: 5

2 komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.