Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Spesies Kenari-Kenari Kecil yang Lucu

Burung kenari adalah jenis burung pemakan biji-bijian yang berasal dari Belanda. Banyaknya minat dari masyarakat akan kecantikan bulu dan kemerduan suaranya membuat pemasok kenari di Indonesia berusaha untuk membudidayakan burung ini.

Jika sobat Lidah Wali berkeinginan untuk ternak atau memelihara burung kenari, pastikan mengetahui jenis burung kenari ini karena ada banyak macamnya. Diantaranya yang populer sebagai berikut:

Kenari Border


Konon merupakan jenis burung kenari paling populer diantara jenis kenari yang lainnya. Kenari Border berasal dari wilayah perbatasan antara negara Inggris dan Skotlandia. kenari ini berasal dari jenis cumberland fancy.


Panjang tubuh kenari Border mencapai kurang lebih 14 cm. Ciri khasnya adalah bentuknya yang bulat dilihat dari sudut manapun. Bentuk bulatnya ini menjadi salah satu kriteria penilaian dalam lomba.

Kenari Gloster


Panjang tubuh kenari Gloster hanya sekitar 11 cm. Dan memang kenari jenis ini diternakan untuk memiliki ukuran tubuh yang kecil. Bahkan jika ukuran panjangnya lebih dari 11 cm, maka akan didiskualifikasi dari lomba.


Kenari jenis ini cenderung memiliki bulu berwarna kuning dengan warna putih atau kehijau-hijauan pada bagian sayap dan bagian ekornya. Ciri khas kenari Gloster adalah memiliki jambul. Meski ada juga sebagian yang tidak memiliki jambul.

Kenari Norwich


Panjang tubuhnya sekitar 15—16 cm. Bulunya tebal dan membulat, dada bidang, punggung lebar pendek, serta sayap, paruh, dan ekor juga pendek. Ciri khas Kenari Norwich adalah mempunyai bulu alis yang tebal yang hampir menutupi matanya.


Kenari jenis ini juga sering disebut sebagai kenari “John Bull” karena tampilan tubuhnya yang bullish atau terkesan kuat.

Kenari Cinnamon


Atau biasa juga disebut sebagai kenari kayumanis merupakan jenis kenari yang dinilai dari keindahan bulunya. banyak pecinta burung yang percaya kalau jenis kenari ini adalah yang memiliki bulu paling halus dibandingkan dengan jenis kenari lainnya.


Terdapat berbagai variasi warna bulu yang dimiliki oleh burung kenari jenis ini, tetapi yang paling ideal adalah warna gelap yang kaya dan bulu coklat menyala merah dalam bentuk kuning serta campuran halus merah muda dan cokelat lembut dalam bentuk buff.

Kenari Yorkshire


Disebut-sebut sebagai burung kenari paling disukai oleh para pecinta burung kenari karena kicauannya. Panjang tubuhnya sekitar 15 hingga 17 cm. Bulunya pendek, padat dan lembut dengan penampilan yang terbilang cukup menawan.


Kenari Yorkshire terkenal dengan gaya bertenggernya yang membentuk sudut jam 5 lebih 7 menit jika menghadap kanan. Kenari Yorkshire yang paling jarang ditemui adalah yang berwarna putih.

Kenari Lancashire


Merupakan jenis kenari yang paling besar dibandingkan dengan jenis kenari lainnya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang 7-8 inchi.


Ciri khasnya adalah memiliki kaki yang panjang, ekor yang terjuntai ke atas, sayap yang panjang dan leher yang panjang tetapi berukuran kecil.

Kenari Waterslager


Terkenal dengan suaranya yang keras, nyaring, tetapi tetap enak didengar. Meskipun namanya adalah waterslager, tetapi kenari jenis ini tergolong tidak suka mandi. Panjang tubuh kenari waterslager sekitar 16 cm dengan warna bulu yang cenderung kucing dominan dan bertekstur lembut. Paruhnya terkesan lebih tajam jika dibandingkan dengan paruh jenis kenari yang lainnya.


Yang unik dari kenari jenis ini adalah, kenari betina terkadang malas mengerami telurnya, dan meloloh anak-anaknya. Namun kenari jantan terkadang juga ikut membantu mengerami dan meloloh anaknya dengan lebih baik.

Kenari Fife Fancy


Merupakan jenis kenari yang baru dikembangkan. Bentuk tubuh dan penampilan dari kenari jenis ini bisa dibilang sama persis dengan jenis kenari Border. Namun dengan ukuran yang lebih kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 11 cm.


Kenari Scotch Fancy


Di Inggris jenis kenari ini sering juga disebut dengan nama Bird O Circle, karena posisi bertenggernya mirip seperti bentuk setengah lingkaran.


Dalam penjurian, kenari Scotch harus memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dan lebih bulat dibandingkan dengan kenari belgia. Kaki, leher, dan sayapnya haruslah panjang.

Kenari Roller


Masih merupakan keturunan dari kenari Jerman. Kenari jenis ini diternakkan secara besar-besaran di daerah Pegunungan Hartz. Kenari Roller merupakan jenis kenari yang dipelihara karena kicauannya yang indah.


Biasanya untuk mendapatkan kicauan yang indah, burung ini akan dikandangkan dan diperdengarkan suara kicauan burung yang sudah menjadi juara, agar dia menirunya.

Kenari Crest


Ciri khasnya adalah memiliki mahkota yang besar yang berpusat di tengah batok kepalanya yang diameternya hampir menutupi mata.


Makanya tidak mengherankan jika kenari jenis ini juga disebut sebagai kenari mahkota. Meskipun demikian, pada kenyataannya ada juga kenari Crest yang tidak memiliki mahkota.

Kenari Frill


Tergolong sebagai jenis kenari berukuran besar dengan panjang tubuh yang bisa mencapai lebih dari 20 cm. Kenari ini juga dikenal sebagai kenari Belanda, tetapi akhir-akhir ini Jepang juga bisa mengembangbiakkan jenis kenari Frill sendiri.


Ciri khas kenari Frill adalah bentuk bulunya yang unik yang disebut sebagai mantle (bulu bagian punggung yang membelah dah jatuh secara sinietnis), jabot (bulu dada yang berombak), dan fin (bulu yang panjang yang tumbuh di sekitar paha dan sayap).

Kenari Spanish Timbrado


Merupakan jenis kenari kicau varietas baru yang dikembangkan di Spanyol sekitar tahun 1940-an dan 1950-an. Bentuk tubuhnya menyerupai bentuk asli kenari liar.Meskipun suara kicauannya keras, tetapi tetap tidak memekakkan telinga.


Pola kicauannya pun bervariasi dan cenderung berbeda standarnya dengan kenari kicau jenis lainnya.

Kenari American Singer


Merupakan hasil persilangan dari Kenari Border dengan Kenari Roller. So penampilannya seindah kenari Border, dan suara kicauannya semerdu kenari Roller. Jenis kenari ini disebut-sebut sebagai jenis kenari terbaik dari segi penampilan sekaligus segi kicauan. Meskipun demikian, kenari jenis ini lebih condong diperlombakan dari segi kicauannya.


Konon, kenari American Singer juga merupakan jenis kenari yang cocok dipelihara oleh orang yang sudah berpengalaman memelihara burung ataupun pecinta burung pemula.

Kenari Lizard


Jenis kenari ini hampir punah pada tahun 1900-an akibar perang dunia dan wabah penyakit. Panjang kenari ini sekitar 14 cm.



Ciri khas kenari Lizard adalah pola bulunya yang menyerupai sisik kadal (lizard) yang didominasi warna kucing dan putih.

Kenari Belgian Fancy


Merupakan jenis kenari yang lebih menekankan penampilan dari pada suara kicauan. Kenari ini sudah banyak digunakan untuk mengembangbiakkan kenari jenis baru yang lebih menekankan pada postur atau penampilannya seperti kenari frill.


Penampilan kenari jenis ini terlihat seperti burung cacat dengan kepala yang kecil seperti kepala seekor ular. Kelemahan burung kenari jenis ini adalah, mereka tidak pandai mengerami telur dan mengasuh anaknya.

Kenari Breed Canary


Kenari jenis ini adalah jenis kenari yang lincah dan memiliki berbagai warna yang mencolok. termasuk jenis kenari yang paling terkenal di dunia karena selain temperamennya yang lincah dan menyenangkan, burung ini juga tergolong mudah dalam perawatan. Namun sayangnya sulit untuk perkembangbiakannya.


Itulah beberapa macam dan ragam jenis burung kenari yang telah beredar dan dikenal masyarakat Indonesia baik sekedar sebagai hobi maupun untuk bisnis jual beli.

Artikel ini dikutip dari Jenis dan Macam Burung Kenari


Inilah Spesies Kenari-Kenari Kecil yang Lucu Reviewed by andi msc on 05.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.