Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Masjid-Masjid Unik yang ada di Dunia

Masjid adalah tempat beribadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Masjid juga digunakan sebagai tempat kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, ceramah, diskusi dan belajar Al Qur'an dan Bahas Arab.

Seiring berjalannya waktu, arsitektur dari masjid telah mengalami perkembangan yang pesat. Tidak sedikit Masjid-masjid mewah nan besar yang sudah dibangun dimuka bumi ini. Bentuk masjid yang sering dipakai adalah bentuk T, bentuk masjid Abbasi, dan bentuk kubah pusat. Disamping berbentuk mewah ada sebagian yang mempunyai bentuk yang unik.

Berikut adalah daftar 10 Masjid paling unik nan eksotik di dunia:

1. Masjid Larabanga

larabanga-mosque.jpg (400×283)

Masjid Larabanga merupakan masjid yang berada di Larabanga, Ghana dan juga termasuk masjid tertua di Negara itu. Masjid Larabanga diperkirakan dibangun pada tahun 1421. 

2. Masjid Missiri Frejus


Masjid Missiri Frejus merupakan salah satu replika dari Masjid Agung Djenné dari Afrika Barat yang berada di Perancis. Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1917.

3. Masjid Jami-Ul-Alfar


Masjid Jami-Ul-Alfar berada di daerah Pettah Bazaar kota kolombo, Srilanka dan merupakan masjid tertua di kota itu. Ciri khas dari Masjid Jami-Ul-Alfar adalah corak dindingnya yang bewarna belang merah putih. Masjid Jami-Ul-Alfar dibangun pada tahun 1909 oleh arsitek bernama Saibo Lebbe. Masjid lain yang mempunyai corak hamper sama dengan masjid ini berada di kota Kualalumpur Malaysia yang bernama Masjid Jamek.

4. Masjid Sankore


Masjid Sankore dibangun selama masa kekerajaan di Mali pada awal abad ke-15. Bentuk arsitekturnya seperti pyramid. Masjid Sankore menjadi pusat pendidikan agama islam di Timbuktu selama abad ke-16 yang bernama Universitas Timbuktu yang berganti nama menjadi Universitas Sankore.

5. Masjid Shah-Faisal


Masjid Shah-Faisal adalah Masjid Nasional di Islamabad, Pakistan dan merupakan salah satu masjid terbesar di duni yang mampu menampung jamaah sebanyak 300.000 orang. Masjid Shah-Faisal dibangun pada tahun 1975 oleh donator dari pemerintahan Arab Saudi, King Faisal bin Abdul Aziz.

6. Masjid Ibrahim-al-Ibrahim


Masjid Ibrahim-al-Ibrahim merupakan hadiah dari Raja Fahd dari Arab Saudi kepada para muslim di daerah Gibraltar. Bangunan yang selesai tahun 1997 ini juga dilengkapi dengan sekolahan dan perpustakaan.

7. Masjid Agung Djenné


Masjid Agung Djenné terletak di kota Djenné, Mali, Afrika Barat di dekat Sungai Bani. Masjid ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan pusat komunitas Djenne. Masjid Agung Djenné merupakan bangunan dari lumpur terbesar di dunia dan dianggap oleh banyak arsitek sebagai gaya arsitektur Sudano-Sahelian terbaik. Masjid Agung Djenne, pada mulanya masjid ini dibangun sepenuhnya dengan bahan “ferey” atau bata dari bahan tanah yang dikeringkan dengan matahari dan diplaster dengan tanah lumpur, dengan ketebalan dinding antara 41 cm dan 61 cm.

Masjid Agung Djenné adalah salah satu “Situs Warisan Dunia” yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1988, yang dapat dikunjungi setiap saat, tetapi tidak dibolehkan memasuki bangunan, kecuali anda Muslim. Masjid Agung ini telah ditutup untuk non-Muslim pada tahun 1996, akibat dari kerusuhan dan penembakkan salah seorang official fotografi majalah Vogue Prancis di dalam masjid.

8. Masjid Agung dari Xi’an


Masjid Agung Xi’an merupakan masjid pertama di Cina pada masa dinasti Tang, yang dibangun pada kekuasaan Kaisar Xuanzong, 685-762, disain masjid dipengaruhi oleh arsitektur bangunan dan rumah ibadah yang lazim pada masa itu. Masjid ini merupakan salah satu contoh dari Sino-arsitektur Islam di Cina.

9. Masjid Agung Samarra


Masjid Agung Samarra berada di Samarra, Irak yang dibangun pada tahun 848 pada masa pemerintahan khalifah Abbasid Al-Mutawakkil. Cirri khas dari Masjid Agung Samarra adalah menara masjid yang berbentuk spiral yang disebut menara al-Malwiya yang mempunyai tinggi 52 meter.

10. Masjid Tooba 


Masjid Tooba merupakan masjid yang berada di Karachi, Sindh, Pakistan. Masjid Tooba dibangun pada tahun 1969 dan mampu menampung sekitar 5 ribu jamaah. Masjid Tooba diklaim juga merupakan masjid terluas yang berbentuk single dome.

Artikel ini dikutip dari 10 Masjid Paling Unik Di Dunia


Inilah Masjid-Masjid Unik yang ada di Dunia Reviewed by andi msc on 05.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.