Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Sumur-Sumur Tua di Dunia yang Berhantu

Saya pernah diceritai oleh seorang penulis buku hantu, namanya Bapak Indi, bahwa sumur adalah salah satu "pintu" menuju "dunia sana". Dengan kata lain, semacam jembatan penghubung. Banyak beredar mitos tentang sumur. Apalagi, masyarakat modern saat ini tidak menggunakan sumur gali melainkan sumur bor. Di daerah-daerah seperti tempat saya di Jogja masih banyak sumur gali digunakan masyakarat setempat untuk mendapatkan air sebagai kebutuhan hidup. Tapi, itu sumur-sumur muda, bagaimana dengan sumur tua?

Berikut ini mitos tentang sumur-sumur tua dari pelbagai daerah, yaitu:

1. Lobang Buaya, Indonesia




Siapa tak kenal sumur tua satu ini? Yeah, sumur ini saksi bisu peristiwa sejarah kelam Indonesia tanggal 30 September 1965. Di mana, jenazah ketujuh jenderal Indonesia dibuang di sini. Mitos yang beredar sih tidak berhubungan langsung dengan para jenderal itu. Orang-orang sekitar tempat situ, katanya, acap melihat setan yang sudah diketahui banyak orang Indonesia, seperti kuntilanak dan teman-temannya. Hal lainnya, hanya suara derap langkah sepatu bot yang didengar oleh petugas loket - seperti SpongeBobs yang memakai sepatu Pearl. Tuh, benar kan, mitos ini tidak berhubungan langsung dengan terbunuhnya para jenderal itu.

2. Sumur Okiku, Jepang


Sumur+Okiku.jpg (400×300)

Konon, "penghuni" sumur ini bernama Okiku. Kenapa kita bisa mengetahui namanya? Ada sejarahnya. Begini, pada abad ke-17, di Kastil Himeji yang letaknya di daerah Kobe, tinggal seorang pelayan setia bernama Okiku. Diam-diam Tuannya jatuh cinta pada Okiku - kisah cinta majikan dan pelayannya memang sudah ada sejak dulu. Namun, Okiku tidak mau. Si Tuan marah atas kelancangan Okiku tersebut. Dia pun menyembunyikan sebuah piring hias dari sepuluh piring hias yang ada. Kemudian, membuat kesan seolah-olah Okiku-lah yang mencuri, sehingga gadis malang itu ketakutan. Dengan kesalahan tersebut, si Tuan dengan leluasa membunuh Okiku dan membuangnya ke dalam sumur. Akhirnya, Okiku mati dan menjadi arwah gentayangan. Kisah ini dibuat dalam sebuah film pendek yang berjudul Okiku - 48 Hour Film Project - San Francisco 2010 - Chinese Takeout. Film pendek ini ada di YouTube, silakan lihat di bawah ini.

3. Sumur Yamashita, Malaysia



Sebetulnya sumur ini awalnya dibangun (tahun 1883) dengan tujuan sumber air untuk narapidana penjara Johor Bahru. Lantas kalau tempatnya saja di Malaysia kenapa bisa dinamai Sumur Yamashita? Ketika Perang Dunia II, kawasan ini dikuasai oleh Jepang di bawah pimpinan Jend. Tomoyuki Yamashita. Dan sumur ini beralih fungsi jadi tempat membuat mayat yang dihukum pancung. Mitos keangkerannya sendiri juga sama seperti Sumur Lobang Buaya, tidak nyambung dengan sejarahnya, di antaranya: sumur tiba-tiba mengeluarkan semburan api pada malam hari, hantu wanita berambut panjang merasuki ke narapidana, munculnya makhluk besar tanpa kepala berdiri di atas sumur (manusia yang mati kan orang Asia, kenapa setannya tiba-tiba jadi besar ya? Aneh).

4. Sumur Old Ford Niagara Castle, AS


Mitos yang beredar di sumur kastil berusia 279 tahun ini adalah munculnya sosok tubuh prajurit tanpa kepala. Kok bisa? Seorang prajurit Perancis yang kehilangan kepalanya saat berperang dibuang di sumur ini. Sejak kemunculannya tahun 1830 (ini zamannya di Indonesia masih cultuur stelsel) hantu tanpa kepala ini selalu mencari kepalanya (hilang ke mana hayo?)

5. Sumur Woodside Heights, AS



Mitos hantu yang muncul dari sumur ini pernah masuk The New York Times tanggal 28 Juli 1893 gara-gara kehebohan yang ditimbulkannya, yaitu: tiga bocah kecil melihat setan dari dalam sumur.

Artikel dikutip dari 5 Sumur Tua yang [Mitosnya] Berhantu


Sumur-Sumur Tua di Dunia yang Berhantu Reviewed by andi msc on 21.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.