Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Semut Beludru yang di bilang Semut juga bukan

Semut beludru atau Velvet Ant (Mutillidae) sebenarnya bukanlah semut - serangga ini diklasifikasikan sebagai tawon (wasp).


Mutillidae adalah famili yang terdiri lebih dari 3.000 spesies tawon dan betinanya berbulu serta tak bersayap sehingga menyerupai semut yang berbulu. Nama semut beludru mereka mengacu pada tumpukan padat dari rambut yang biasanya berwarna merah terang atau oranye, tetapi mungkin juga biru, hitam, putih, perak, atau emas. Spesimen yang berwarna hitam dan putih kadang-kadang dikenal sebagai semut panda karena warna rambut mereka menyerupai panda raksasa Cina. Warna-warna cerah mereka berfungsi sebagai sinyal aposematik (warna peringatan utk para predator). Mereka dikenal memiliki sengatan yang sangat menyakitkan, oleh karenanya mereka dijuluki "pembunuh sapi" atau "semut sapi". Tidak seperti semut yang sebenarnya, mereka tidak memiliki drone, pekerja, dan ratu. Namun, semut beludru melakukan penentuan seks haplodiploid, mirip dengan anggota lain dari Vespoidea. [ Haplodiploid adalah sistem penentuan seks yang menghasilkan jantan dari telur yang belum difertilisasi (sehingga haploid) dan betina dari telur yang telah difertilisasi (sehingga diploid)]



Eksoskeleton semua semut beludru luar biasa keras (hingga beberapa ahli entomologi mengalami kesulitan menusuk mereka dengan pin baja ketika mencoba untuk menyimpan mereka untuk ditampilkan di lemari). Karakteristik ini memungkinkan mereka untuk sukses menyerang sarang mangsa mereka dan juga membantu mereka mempertahankan kelembaban. Seperti keluarga terkait dalam Vespoidea, jantannya memiliki sayap tapi semua betinanya tidak bersayap. Mereka menunjukkan dimorfisme seksual ekstrim, jantan dan betina sangat berbeda, hampir tidak mungkin mengetahui dua jenis kelamin ini berasal dari satu spesies kecuali mereka ditangkap saat kawin. Dalam beberapa spesies, jantan jauh lebih besar daripada betina, jantan membawa betinanya terbang tinggi saat kawin, yang juga terlihat dalam famili terkait, Tiphiidae.

Semut Beludru Betina berwarna Biru

Dalam Mutillidae, seperti juga dalam semua Hymenoptera, betina adalah satu-satunya yang mampu menimbulkan sengatan karena stinger itu sendiri adalah organ kewanitaan yang dimodifikasi, disebut ovipositor. Mutillids betina memiliki sengatan yang luar biasa panjang dan dapat bermanuver. Dalam kedua jenis kelamin, struktur yang disebut stridulitrum pada metasoma digunakan untuk menghasilkan mencicit atau kicau saat ada bahaya.


Kesan pertama dari gambar ini adalah predator dan mangsanya, namun ini adalah jantan yang lebih besar dan bersayap menangkap betina yang kecil tak bersayap di rahangnya dalam proses kawin.

Semut beludru biasanya ditemukan di bagian hangat dari bumi, terutama gurun. Berbeda dengan semut sosial dan rayap, semut beludru umumnya soliter, mereka bertemu hanya untuk bereproduksi dengan pasangan mereka yang tidak mirip mereka.

Semut Panda

Semut Beludru Putih

Artikel ini dikutip dari Semut Beludru - Semut yang Bukan Semut


Semut Beludru yang di bilang Semut juga bukan Reviewed by andi msc on 23.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.