Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Pareidolia Wajah Raksasa di Gunung Kelud

Sebuah foto wajah yang mirip manusia raksasa yang terbentuk dari gumpalan abu vulkanik Gunung Kelud diunggah oleh pengguna di dinding facebook.com. Karuan saja hal itu menimbulkan banyak komentar. Ada yang menyatakan itu hasil editan, tetapi ada juga yang percaya foto itu memang aseli.

Pareidolia: Wajah raksasa muncul saat Gunung Kelud meletus (Credit: Tribunnews)

Kalau foto itu aseli, maka itulah yang disebut pareidolia. Pareidolia, menurut wikipedia.org, adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting.
Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik. Kata ini berasal dari bahasa Yunani para– “samping”, “dengan”, atau “bersama”- yang berarti, dalam konteks ini, sesuatu yang salah atau tidak benar
Hal seperti ini terjadi bukan untuk pertama kali.
Beberapa tahun lalu saat Gunung Merapi meletus, juga muncul sebuah foto pareidolia dengan pemandangan wajah salah satu punakawan yang tertangkap jelas di sebuah kamera. Saat gedung WTC dihantam pesawat terbang beberapa tahun waktu lalu, juga sempat merebak isu foto wajah di antara ledakan hebat.

Gambar satelit dari sebuah dataran tinggi di Cydonia, Wajah pada permukaan Mars yang terkenal. (wikipedia.org)

Ada banyak contoh persepsi citra agama dan berbagai tema lainnya, terutama wajah tokoh maupun simbol agama, dalam fenomena-fenomena yang biasa dijumpai. Banyak diantaranya yang melibatkan gambar Yesus, Bunda Maria, atau kata Allah.
Pada tahun 1978, seorang wanita New Meksiko menemukan bahwa pola tanda akibat pembakaran pada tortilla yang dia buat menyerupai penggambaran barat tradisional dari wajah Yesus Kristus. Ribuan orang datang untuk melihat tortilla yang dibingkai tersebut.
Publisitas terbaru seputar penampakan tokoh agama dan gambar mengejutkan lainnya di objek biasa, dikombinasikan dengan semakin populernya lelang online, telah melahirkan sebuah pasar untuk barang-barang seperti di eBay. Salah satu contoh yang terkenal adalah roti keju panggang dengan wajah Bunda Maria.
Pada bulan September, 2007, muncul sebuah “fenomena pohon kera ” yang menyebabkan sebuah mania sosial kecil di Singapura. Ada bagian dari pohon tersebut yang menyerupai wujud kera, dan orang-orang yang percaya berbondong-bondong ke pohon tersebut untuk memberi penghormatan kepada “Dewa Kera”.

Berbagai bentuk awan kerap dijadikan sumber pareidolia. (Wikipedia.org)

Pareidolia Wajah Raksasa di Gunung Kelud Reviewed by andi msc on 05.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.