Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Kejadian Meteor Meledak di atas Sierra Nevada

Sebuah foto dari meteor berapi yang meledak di Sierra Nevada dengan sonic boom yang kuat telah dirilis oleh NASA. Ledakan puing batuan ruang angkasa itu mengguncang rumah-rumah, di California dan Nevada serta melepaskan energi setara dengan ledakan 5-kiloton TNT.

Meteor memasuki atmosfer bumi sekitar pukul 08:00 pada hari Minggu 22 April di suatu tempat di Central Valley, California. Menurut space.com, beberapa saksi awalnya mengira mereka telah mengalami gempa.


Titik merah menunjukkan lokasi meteor yang meledak diatas California's Central Valley

Don Yeomans dari Kantor Near-Earth Object Program, NASA, mengatakan kepada MSNBC: "Suatu kejadian sebesar ini dapat terjadi sekitar sekali setahun. Tapi banyak di antaranya terjadi di atas laut atau daerah tak berpenghuni, sehingga mengalami peristiwa seperti ini adalah sesuatu yang istimewa."

Suara ledakan memicu banjir panggilan telepon ke lembaga penegak hukum dari kedua sisi Sierra Nevada di dua negara bagian. Ledakan mengguncang jendela dan mengguncang rumah dari Reno hingga Winnemucca di Nevada, dan dari Sacramento sampai daerah Bakersfield di California.

Ketika puing memasuki atmosfer, menciptakan ledakan mirip dengan sonic boom dari sebuah pesawat yang bergerak cepat, menurut ahli meteorologi. Sedangkan tidak ada laporan gempa atau aktivitas seismik lainnya pada saat itu.

Meteor yang membentuk bola api di Sierra Nevada


Jenae Neu mengatakan kepada RGJ.com: "Saya berada di luar apartemen saya dan melihat benda besar yang cerah dengan sudut mata saya. Saya mendongak dan melihat bola besar cerah dengan semacam ekor.

"Sepertinya benda itu terbang di ketinggian sekitar 100 meter dan hanya berlangsung sekitar dua detik sebelum benda tersebut pergi belakang bukit yang dekat dengan tempat saya. Rasanya saya tidak pernah melihat hal yang seperti itu". Seorang polisi melaporkan melihat 'komet aneh, multi-warnat, bergerak sangat cepat dan melesat ke tanah.


Fragment meteorit yg ditemukan di Sutter's MillCalifornia. Meteorit jenis CM carbonaceous chondrite ini adalah jenis yang kaya akan senyawa organik, mirip dengan meteorit Murchison

Akhir pekan lalu adalah masa aktivitas meteor yang tinggi, seperti hujan meteor Lyrid yang terlihat dari Bumi. Hujan meteor Lyrid datang sekitar setahun sekali, dan cenderung mencapai puncaknya pada tanggal 22 April. Hal ini disebabkan oleh berlalunya Komet Thatcher, yang meninggalkan puing-puing di belakangnya saat melewati Bumi pada jarak lebih dari 80 juta mil.

Kejadian Meteor Meledak di atas Sierra Nevada Reviewed by andi msc on 22.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.