Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Serangga-Serangga Unik dan Menakjubkan di Dunia

Serangga adalah hewan-hewan mungil namun menyimpan beraneka ragam keunikan. Serangga adalah hewan dengan spesies terbanyak di dunia. Berikut 10 serangga pemegang rekor di dunia:

1. Serangga Paling Cantik: Sunset Moth from Malagasy


Sayap serangga ini tidak memiliki pigmentasi apapun! Warna yang terlihat sebenarnya merupakan pembiasan dari cahaya oleh mikrostruktur pita, yang bagaikan sisik menutupi seluruh bagian sayap. Ngengat ini aktif di siang hari, sementara sebagian besar ngengat dalam suku atau familia yang sama aktif di malam hari. Mereka adalah hewan asli di Madagaskar dan Amerika Selatan. Sayapnya dapat berubah warna dari biru ke hijau keemasan kemudian menjadi kuning saat melihatnya dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itulah kupu-kupu ini sangat diburu oleh para kolektor.

2. Lymantrid Moth (Dasychira pudibunda)


Lymantrid Moth (Calliteara pudibunda) adalah ngengat yang banyak hidup di hutan Denmark Beech (Fagus sylvatica). Setiap betinanya dapat meletakkan 300-400 telur. Dan ketika menjadi ulat kecil akan sangat mudah tertiup oleh angin. Dan pada akhir musim gugur ulat sepenuhnya telah menjadi dewasa, hingga sekitar 5 cm panjangnya dan berwarna sangat indah.

3. Devil's Flower Mantis (Idolomantis diabolica)


Idolomantis Diabolica yang kadang-kadang dikenal sebagai "Raja dari Segala Belalang Sembah", alasannya adalah karena keindahan, ukuran dan kelangkaan, dan merupakan salah satu spesies terbesar dari belalang sembah yang menyerupai bunga.

4. Damselfly (Ischnura heterosticta)


Damselfly adalah nama umum untuk apa pun dari serangga Predaceous zygoptera dari Ordo Odonata, memiliki tubuh yang panjang, mata multifaset yang besar, serta dua pasang sayap transparan yang kuat, yang pada saat istirahat biasanya akan dilipat bersama-sama di atas perutnya. Mereka biasanya terbang bersama-sama selama perkimpoian. Bagi manusia, mereka adalah serangga dengan warna yang paling mencolok, dan perilaku kimpoi yang unik yang menambah keindahan alam semesta.

5. Cecropia Moth (Hyalophora cecropia)


Juga dikenal sebagai "Ngengat Robin", ngengat Cecropia adalah ngengat terbesar ditemukan di Amerika Utara, yang memiliki sayap mencapai enam inci. Mereka adalah anggota keluarga dari spesies Saturniidae, atau ngengat sutra raksasa. Betinanya memiliki sayap dengan lebar hingga lebih dari 130 mm. Larva ngengat ini yang paling sering ditemukan pada pohon Maple, dan telah diketahui sering memakan Wild Cherry dan pohon Birch.

6. Calleta Silkmoth (Eupackardia calleta)


Calleta Silkmoth (Eupackardia calleta) adalah ngengat sutra dari keluarga Saturniidae. Ditemukan di Meksiko, Guatemala dan bagian selatan Amerika Serikat, ini satu-satunya spesies dalam Genus Eupackardia.

7. Orchid Mantis (Hymenopus coronatu)


The Hymenopus Coronatu, alias anggrek belalang, adalah belalang bunga yang biasanya ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Pada gambar di atas belalang tampak seperti sebuah anggrek. Sebenarnya mereka bersembunyi di dalam bunga dan mereka amat sangat menyerupainya, sambil menunggu mangsa serangga lain yang siap untuk di santap.

8. Hercules Beetle (Dynastes hercules)


Merupakan jenis kumbang badak yang hidup di Amerika Selatan, Kumbang Hercules dapat tumbuh hingga lebih dari 6 inci panjangnya (yang dihitung dari ujung tanduknya), dan yang paling dikenal darinya adalah kekuatannya yang mampu mendorong sesuatu dengan berat 850 kali beratnya tubuhnya sendiri. Kumbang ini hanya makan tumbuhan dan tidak agresif, kecuali berkelahi dengan kumbang Hercules lainnya.

9. Giant Camel Spider (Arachnid solifugae)


Mungkin kita tidak akan pernah atau jarang mendengar cerita-cerita dari prajurit Amerika Serikat dalam Perang Teluk. Di ceritakan bahwa laba-laba unta raksasa merangkak ke kantong tidur seorang prajurit, menggigit manusia pada saat ia sedang tidur. Untungnya, laba-laba unta padang pasir raksasa asli Irak tidak berbisa. Laba-laba ini menggunakan cakarnya untuk menangkap mangsanya, yang tidak lebih besar dari dirinya sendiri. Mereka juga dikenal karena kecepatannya. Camel Spider raksasa telah dikenal dapat berjalan dengan cepat, 10 mil per jam (16 km per jam). Makhluk ini nama aslinya adalah Arakhnida Solifugae. "Solifugae" dalam bahasa Latin berarti "lari dari matahari".

10. Giant Water Bug (Belostomatidae)


Belostomatidae adalah keluarga serangga yang lebih dikenal sebagai "serangga air raksasa". Kebanyakan spesies ini dalam masih dalam keluarga Belostomatidae yang merupakan kumbang terbesar di dunia. Serangga ini adalah predator yang paling tangkas, menangkap dan makan ikan dan juga katak. Mereka sering berbaring tak bergerak di bagian permukaan air, sambil menunggu mangsa datang mendekat. Gigitan mereka dianggap salah satu yang paling menyakitkan yang dapat ditimbulkan oleh serangga. Dalam beberapa kasus, gigitan mereka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada manusia. Kadang-kadang ketika menghadapi pemangsa yang lebih besar, seperti manusia, mereka akan "berpura-pura mati" dan memancarkan cairan dari anus mereka untuk membuatnya menjijikan.

11. Leopard Moth (Hypercompe scribonia)


Giant Leopard Moth atau Eyed Tiger Moth (Hypercompe scribonia) memiliki pola yang serupa dengan macan tutul. Kupu-kupu itu adalah aposematic, yang berarti bahwa mereka benar-benar serangga predator.

12. Semut Paling Berbahaya: Black Bulldog Ant of Australia



Kita semua pasti pernah melihat semut dan mengenalnya sebagai hewan yang tidak berbahaya, tapi ada pengecualian untuk yang satu ini. Menurut literatur, Black Bulldog Ant diketahui pernah membunuh manusia. Mereka berwarna coklat gelap dan hitam di bagian perut. Semut yang merupakan jenis paling primitif dan sangat agresif ini, memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 5 cm. Sesuai dengan namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan memiliki gerakan yang sangat cepat.

13. Serangga Terbang Tercepat: Horse Fly


Serangga ini dapat terbang dengan kecepatan 145 km per jam. Horse Fly juga memiliki kontrol dan manuver yang sangat baik di udara. Mereka dapat berbelok dan berganti arah secepat kilat. Walaupun dapat bergerak dengan cepat, serangga ini tidak bergantung pada kecepatannya untuk menangkap mangsa. Mereka sudah memperkirakan sebelumnya, kemana arah tujuan terbang dan apa yang akan dilakukan. Selain itu Horse Fly juga memiliki mata yang sangat besar, bahkan mungkin yang terbesar dari semua serangga yang ada, dengan sudut penglihatan hampir 360 derajat!

14. Serangga Terberat: Goliath Beetle



Tidak hanya berat, serangga ini juga memiliki bentuk tubuh yang besar. Mereka termasuk dalam suku atau familia scarab beetle, yang mana terdiri dari 30.000 spesies dan menurut para ilmuwan masih ada banyak lagi spesies dalam familia ini yang belum ditemukan. Spesies ini pertama kali muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan merupakan faktor penyebab spesies ini masih bisa bertahan begitu lama. Goliath Beetle suka makan tumbuh-tumbuhan mati dan memiliki ukuran tubuh 5 cm sampai dengan 11 cm dengan berat 85 gram hingga 100 gram. Kumbang ini memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai dekomposer bagi lingkungan.

15. Serangga Paling Mengganggu: No-See-Um



Serangga ini merupakan lalat dengan ukuran sangat kecil yang berkumpul dalam sebuah kelompok dan terbang dengan arah tidak jelas. Mereka dapat melewati celah-celah pintu atau jendela. Biasanya hidup di tempat yang ada sumber airnya. Hanya betina yang menggigit dan mengisap darah untuk mendapatkan protein guna membesarkan telur-telurnya.

16. Serangga Terpanjang: Giant Stick Insect


Panjang Giant Stick Insect mencapai sekitar 16,3 cm. Jika dihitung ketika kakinya semua terentang, panjangnya menjadi 29,5 cm. Pada beberapa kasus, panjang serangga ini bisa mencapai 50 cm. Ada lebih dan 3.000 spesies yang ditemukan, beberapa dari mereka memiliki sayap dan dapat terbang. Mungkin memang sulit untuk membayangkan sesuatu sebesar ini terbang di ruang tamu kita. Hal ini sebenarnya masih menjadi tantangan bagi orang-orang tertentu tentang bagaimana mereka bisa terbang dengan tubuh yang berat dan sayap kecil; keahlian ber-aerodinamis-lah yang mungkin menjadi jawabannya.

17. Serangga Ternyaring: Brevisana Brevis


Spesies jangkrik ini bunyinya dapat terdengar hingga seperempat hingga satu mil jauhnya. Pada jarak dekat, bunyinya dapat mencapai 120 desibel. Sebagai pembanding, musik pada diskotik hanya sebesar 100 desibel.

18. Serangga Dengan Bentuk Teraneh: Thorn Bug



Ukuran dan warna serangga ini sangat bervariasi, tetapi biasanya Thorn Bug dewasa memiliki panjang sekitar 1,5 cm dan berwarna hijau. Mereka banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, Meksiko, serta Florida bagian selatan. Spesies ini sebelumnya tidak dikenali hingga hampir tahun 1950.

19. Serangga Dengan Masa Hidup Terlama: Queen of Termites


Queen of Termites telah dikenal bisa hidup hingga mencapai 50 tahun. Mereka telah ada di bumi selama lebih dari 200 juta tahun. Makanan serangga ini adalah kayu mati dan bisa dihabiskan olehnya sendirian. Jadi tak heran jika kerusakan yang disebabkannya pada sebuah rumah, melebihi bencana kebakaran dan badai. Queen of Termites memiliki 5.000 hingga 7.000 telur per hari, dimana hal itu merupakan jumlah telur yang sangat banyak bagi sebuah serangga yang juga mampu hidup begitu lama.

20. Serangga Paling Merusak: Desert Locus



Jika rayap dapat menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan oleh Desert Locus. Porsi makan mereka sama dengan berat tubuhnya dan memangsa hampir semua jenis tanaman, dedaunan, bunga-bungaan, padi, buah-buahan, sayur mayur, dan biji-bijian. Pada tahun 2003-2005 adalah salah satu masa terburuk di Afrika Barat karena wabah Desert Locus. Serangga ini dikenal telah menginvasi lebih dari 20 negara, dengan menimbulkan biaya untuk membasminya berkisar $400 juta dan perkiraan kerusakan panen lebih dari $2,5 milyar

Inilah Serangga-Serangga Unik dan Menakjubkan di Dunia Reviewed by andi msc on 08.24 Rating: 5

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.