Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Deretan Ulat Bulu yang Berbahaya

Si Cantik yang Berbahaya. Itulah julukan yang pantas untuk 11 ulat bulu cantik ini. Meskipun kecil dan terlihat tidak berdaya, tetapi mereka menyimpan rahasia yang berbahaya pada rambut-rambut halus dan duri di sekujur tubuh mereka. Duri dan rambut di tubuh mereka memiliki racun yang sangat berbahaya, yang jika di sentuh manusia, dapat mengakibatkan gatal-gatal di seluruh tubuh bahkan kematian.

Seperti apa ulat-ulat cantik nan indah yang berbahaya itu? Cekidot gan!

1. The Saddleback Caterpillar



Ulat yang sangat cantik. Tapi, hati-hati jika terkena racunnya. Racunnya bisa menimbulkan gejala pembengkakan, rasa mual dan ruam selama berhari-hari. Ulat ini tergolong ulat yang rakus dan memakan segala jenis tanaman. Ulat ini dapat ditemukan di taman, pot bunga, kebun dll.
Ulat ini merupakan larva dari salah satu ngengat dari Amerika Utara. Inilah ngengat hasil metemorfosis dari The Saddleback Caterpillar


2. The Cinnabar Moth Caterpillar



Tergolong ulat yang rakus, tetapi jika dia kehabisan bahan makanan maka yg terjadi adalah saling kanibalisme antara sesama ulat. Untuk mempertahankan hidup ulat ini dibekali senjata racun yang cukup mematikan bagi mangsanya. Kalau tersentuh manusia maka racun tersebut membuat kita gatal dan ruam sekujur tubuh.
Ulat ini merupakan larva dari sejenis ngengat yang dapat ditemukan di Eropa, Asia Tengah, dan Asia Barat. Inilah ngengat hasil metamorfosis dari The Cinnabar Moth Caterpillar


3. The Monarch Caterpillar



Penampilannya lucu, berwarna kuning bergaris hitam dan putih. Warna yang cerah ini memberi pesan bahwa ulat ini memiliki racun. Racun yang mereka miliki diperoleh dari dedaunan yang mereka makan. Ketika ulat ini sudah menetas, ulat ini tidak terlihat secara kasat mata karena ukurannya begitu kecil. Ulat ini tumbuh sangat cepat, ia memiliki panjang rata-rata 2 inci (sekitar 5 cm). Jika sudah menjadi kupu-kupu, Monarch Caterpillar sangat cantik dan indah dan dikenal sebagai "Raja" paling indah dari seluruh kupu-kupu di Amerika Utara.


4. The Gypsy Moth Caterpillar



Ciri khas dari jenis ulat ini adalah memiliki bulu yang banyak di kepalanya, dan uniknya di badan ulat tersebut hanya sedikit ditumbuhi rambut. Rambut tersebut dapat menyebabkan nyeri dan dermatitis bagi orang yang bersentuhan. Mereka sangat menyukai beberapa jenis daun yaitu mapple, pohon elm dan ek. Ulat ini bisa juga menyebabkan pohon menjadi mati.
Ulat ini merupakan larva dari Lymantria dispar dispar yang juga di kenal sebagai ngengat gypsy, yang dapat ditemukan di Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

 
ngengat gypsy betina

ngengat gypsy jantan

5. The Bag Shelter Caterpillar



Diantara semua jenis ulat lainnya, ulat ini sangat beracun dan berbahaya, bisa mengakibatkan kematian pada manusia. Gejala awal yang ditimbulkan adalah sesak napas dan ruam disekujur tubuh. Ulat ini memakan daun, dan keluar pada malam hari.
Ulat ini memiliki kebiasaan untuk yang selalu menggerombol atau berarak-arakan. Ulat ini merupakan larva dari sejenis ngengat.


6. The Puss Caterpillar



Ulat paling beracun di Amerika Utara adalah Slug Caterpillar Puss atau Woolly. Jangan tertipu oleh penampilan bola berbulu yang seperti kapas karena akan melepaskan asam pada apa pun yang menyentuhnya dan sarat dengan duri beracun di seluruh tubuhnya. Gejala dari sengatannya bisa bertahan beberapa hari dan termasuk sakit kepala, mual dan muntah. Terdapat di pohon jeruk, elm dan ek.
Larva dari Megalopyge opercularis ini tersebar di daerah selatan Amerika, Meksiko, dan Amerika Tengah.


7. The Stinging Rose Caterpillar



Panjangnya kurang dari satu inci. Spesies ini memiliki bulu-bulu berduri dengan kelenjar racun. Bila menyentuh bulu berduri tersebut, maka racunnya langsung masuk tubuh dan menyebabkan ruam kulit serta reaksi hipersensitif. Ulat ini dapat ditemukan pada tanaman berkayu seperti dogwood, maple, oak, cherry, apel, poplar dan hickory.
Inilah fase ngengat dari ulat yang dapat di temukan di New York hingga Florida, Barat Missouri dan Texas.


8. The Hickory Tussock Caterpillar



Racun dari ulat bulu jenis ini berlangsung ketika terjadi kontak dengan rambut atau duri dan menyebabkan ruam kulit atau hipersensitivitas. Hickory Tussock yang merupakan larva dari ngengat Lophocampa caryae umumnya terlihat dari bulan Juni sampai September dan dapat ditemukan di Kanada bagian selatan atau Amerika Utara.


9. The Io Moth Caterpillar



Dua jenis racun yang dilepaskan dari punggung ulat jenis ini mengakibatkan rasa terbakar dan peradangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel, elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras.
Spesies ini dapat ditemukan di alam terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februari hingga September dengan penyebaran dari daerah Canada, Amerika, dan Selatan Florida.
Inilah ngengat hasil metamorfosis dari The Io Moth Caterpillar, yang lebih dikenal sebagai Ngengat Io (Automeris io).


10. The Spinny Oak Slug Caterpillar


Ulat ini warnanya indah dan memiliki panjang kurang dari satu inci. Racun yang dikeluarkan oleh durinya dapat menyebabkan reaksi yang parah. Ulat ini suka makan kurma, willow, abu, oak, hackberry dan kastanye bersama dengan pohon-pohon lain dan tanaman berkayu yang lebih kecil.
Spesies yang merupakan larva dari sejenis ngengat ini dapat ditemukan di hutan dari selatan Quebec untuk Maine dan selatan melalui Missouri, Texas dan Florida.


11. Lonomia obliqua



Ulat yang dijuluki "badut malas" ini merupakan ulat paling berbahaya di dunia. Racun dosis "terendah" pada ulat ini melebihi dosis tinggi racun di dunia. Bila anda di gigit Lonomia ini, maka akan punya racun yang sangat mematikan dengan dosis 1000 kali lipat lebih kuat daripada gigitan ular. Cukup bersentuhan dengan bulu berduri makhluk ini, anda dapat mengalami pendarahan internal besar-besaran, gagal ginjal, dan hemolisis. Dengan kata lain, menyentuh seluruh tubuhnya sekaligus sama dengan kematian. Lebih buruk lagi, ulat ini memiliki tubuh yang "samar" dan dengan mudah menyatu dengan kulit pohon.
Ulat berbahaya yang merupakan larva sejenis ngengat ini tersebar di wilayah Selatan Amerika.


Ternyata ulat-ulat kecil yang cantik dan memiliki kombinasi warna yang indah memiliki rahasia tersembunyi yang berbahaya. Berhati-hatilah jika bertemu dengan ulat-ulat diatas

Inilah Deretan Ulat Bulu yang Berbahaya Reviewed by andi msc on 17.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.