Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Inilah Bunga-Bunga Cantik dengan Wangi yang Mempesona

Banyak kenangan manis kita yang didapat oleh indera penciuman. Masih ingatkah ketika kekasih Anda memberikan sekuntum mawar yang wangi? Atau mungkin sedapnya teh melati yang diseduhkan nenek Anda? Ya, bunga tidak hanya memikat karena warnanya yang cantik. Beberapa varietas justru dicintai karena aromanya yang luar biasa. Bahkan ada negara yang menyediakan tempat khusus untuk menikmati kelezatan indrawi ini.

Bukan hanya sedap untuk penciuman, beberapa bunga juga mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan, pereda stress dan memberikan efek menenangkan. Baca terus halaman ini untuk menemukan 10 bunga dengan aroma terbaik di dunia.

1. JASMINE


Harumnya Jasmine atau melati telah membuatnya sebagai bunga yang sangat populer di seluruh dunia. Ada lebih dari 200 spesies dan di Indonesia salah satu jenisnya yaitu melati putih (jasminum sambac), digunakan sebagai simbol nasional. Warnanya yang putih juga dianggap sebagai simbol kesucian dan kemurnian. Tanaman merambat ini dapat tumbuh antara 3-5 meter. Selain sebagai aksesoris pengantin, di beberapa negara bunga keringnya digunakan sebagai teh dan bahan baku parfum.

2. ROSE


Bunga yang sangat populer sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang. Sebelum berkembangnya teknologi hortikultura, mawar di zaman dulu justru sangat berbau harum. Namun kini banyak muncul kultivar baru yang justru tidak berbau (misalnya rosa banksiae). Sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, mawar banyak digunakan untuk bunga potong dan parfum.

3. FRANGIPANI



Nama Frangipani berasal dari nama bangsawan Itali yang di abad ke-16 membuat parfum dari ekstrak bunga ini. Dalam Bahasa Inggris disebut Plumeria dan dalam Bahasa Indonesia. disebut Kamboja atau Cempaka Kubur. Orang Asia sering mengaitkan mitos bunga Kamboja identik dengan hal-hal yang seram seperti kematian, kuburan, hantu dsb. Ini karena di malam hari Kamboja menyebarkan bau harum yang semerbak. Padahal bau tersebut sebenarnya untuk menarik serangga agar melakukan penyerbukan.

Frangipani menjadi simbol kota Palermo di Sisili Itali dan merupakan bunga kebangsaan Nikaragua (muncul di uang kertasnya). Tahukah Anda jka bunga Kamboja bernilai jual tinggi? Di pasaran harga perkilonya bisa mencapai Rp. 20.000 – Rp. 40.000 sebagai bahan pengharum, kosmetik dan spa. Bahkan pasarnya telah menembus hingga ke luar negeri.

4. SWEET ALYSSUM



Lobularia maritima atau Sweet Alyssum atau Sweet Alison (sering disebut Alyssum), tidak hanya cantik namanya tapi juga mempunyai aroma memikat. Bunganya berwarna putih dengan struktur batang yang sangat rendah ke tanah hingga mirip karpet hijau. Sebuah pilihan tepat bagi Anda yang hanya punya dana minim, namun ingin mempercantik kebun. Bibitnyapun mudah tumbuh, karena cukup ditabur dengan perawatan yang tidak merepotkan.

5. CHOCOLATE COSMOS



Bunga ini cocok bagi Anda para penggemar coklat. Chocolate Cosmos (cosmos astrosanguineum) berasal dari Meksiko dan berwarna merah gelap. Aroma vanili yang harum dan mirip permen coklat muncul saat bunga ini mekar di musim panas. Meski aromanya menarik, jangan pernah tergoda untuk mencicipi bunganya yang beracun. Kini tanaman tahunan ini hanya bertahan sebagai klon tunggal non subur dari perbanyakan vegetatif tahun 1900-an. Tanaman aslinya dianggap telah punah sejak seratus tahun lalu.

6. WISTERIA



Di Amerika selatan aroma manis Wisteria yang menebar di udara adalah tanda datangnya musim semi. Di Jepang disebut dengan Fuji Musume dan dianggap bunga yang indah sesudah Sakura. Wisteria adalah tanaman merambat (ada yang berbentuk ornamen) dengan warna ungu, violet biru, putih dan merah muda. Bunganya yang menjuntai ke bawah memberikan sensasi ketenangan bagi mereka yang duduk dibawahnya.

7. SWEET PEA



Terkenal karena bunganya yang sangat wangi (meski tidak semua varietasnya), Sweet Pea (lathyrus odoratus) berupa tanaman merambat yang tingginya 1-2 meter. Sejak lebih dari 300 tahun silam “si kacang polong manis” ini telah dikembangbiakkan sebagai tanaman hias. Bunganya muncul dalam nuansa warna yang berbeda dari merah ke pink, atau putih ke kuning ditambah kombinasi keduanya.

8. LILY OF THE VALLEY



Bunga sebagai perlambang kemurnian cinta ini dipercaya membawa keberuntungan dan kelanggengan. Wajar jika sering ditemukan dalam rangkaian bunga pernikahan. Tumbuhan yang senantiasa hijau (perennial) ini mempunyai racun berbahaya yang bisa menimbulkan kematian jika dikonsumsi terlalu banyak. Karena wanginya Lily of the Valley juga digunakan untuk produksi parfum. Bunga ini berbentuk lonceng imut yang menggantung dan berwarna putih hingga kemerah-mudaan.

9. GARDENIA



Di awal musim panas aroma bunga Gardenia yang menyembul dari tanaman semaknya memberikan sensasi yang luar biasa. Bunganya yang berwarna putih telah menginspirasi beberapa merek parfum ternama seperti Chanel's Gardenia dan Marc Jacobs Eau de Perfume. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 6-8 kaki dan membutuhkan tanah yang subur, penyiraman yang teratur dan cahaya mataari yang cukup. Tidak hanya manusia yang menyukainya karena seranggapun juga demikian. Perawatannya memang butuh usaha, namun sebanding pula dengan keindahan dan aromanya.

10. FOUR O'CLOCK



Disebut juga dengan Marvel of Peru (mirabilis jalapa) yang mekar di sore hari, sepanjang malam hingga pagi berikutnya. Nama “Mirabilis” berasal dari bahasa latin yang berarti mengagumkan dan “Jalapa” adalah nama kota di Meksiko. Tidak hanya wangi yang kuat dan segar, “bunga pukul empat” ini mempunyai kombinasi warna yang cantik di setiap mahkota bunganya. Bunganya juga dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan. Sedangkan daun yang dimasak dapat dikonsumsi namun hanya untuk kondisi darurat.

Artikel ini dikutip dari 10 BUNGA DENGAN WANGI TERBAIK DI DUNIA


Inilah Bunga-Bunga Cantik dengan Wangi yang Mempesona Reviewed by andi msc on 07.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.