Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Burung-Burung yang tidak bisa Terbang di Dunia

Burung memang identik dengan terbang. Namun tahukah anda bahwa di dunia ini ada beberapa jenis burung yang terlahir tidak bisa terbang??? Nah, berikut ini ada 10 jenis burung yang tidak bisa terbang di dunia :

1. Penguin


Burung yang hidup di kutub selatan ini memang tidak bisa terbang, tetapi mereka merupakan perenang yang handal. Sayap mereka yang kecil tidak memungkinkan untuk mengangkat tubuh mereka melayang di angkasa, sehingga beralih fungsi menjadi sirip dan digunakan untuk berenang.

2. Burung Unta


Burung asal Afrika yang dikenal sebagai burung terbesar di dunia ini juga tidak bisa terbang. Namun dengan kakinya yang kuat dan super panjang, mereka dapat berlari dengan sangat cepat. Bahkan bisa mencapai 70 km/jam.

3. Burung Kasuari


Burung yang aslinya berasal dari hutan topis New Guimea ini dikenal sebagai salah satu burung paling ganas di dunia. Mereka terkenal mudah menyerang dan serangannya sangat berbahaya. Meski mereka tidak bisa terbang, jangan coba-coba mengganggu mereka, atau anda akan kena tackling mematikan hingga tulang-tulang anda patah.

4. Burung Kiwi


Burung endemik Selandia Baru ini adalah burung yang tidak bisa terbang berikutnya. Sayangnya, burung kecil yang menjadi simbol dari Selandia Baru ini terancam punah keberadaannya. Akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan kalau kucing adalah salah satu penyebab utama kelangkaan populasi burung Kiwi di Selandia Baru.

5. Burung Kakapo


Memang burung ini adalah spesies Nuri, tetapi mereka tidak bisa terbang. Mereka justru dikenal sebagai burung nuri besar, yang aktif di malam hari, dan tidak bisa terbang. Burung ini termasuk burung yang cerdas, sehingga tidak mengherankan jika burung ini sering ditemukan sebagai binatang peliharaan.

6. Burung Rhea


Burung asli Amerika Selatan ini memiliki penampilan yang menyerupai burung Unta, tetapi mereka bukan burung unta. Ada dua spesies burung Rhea yaitu Greater Rhea atau Amerian Rhea yang hidup di padang rumput dan area terbuka dekat dengan perairan dan Lesser Rhea atau Darwin's Rhea yang hidup di daerah semak, padang rumput, dan bahkan gurun. Keduanya merupakan spesies burung yang tidak bisa terbang.

7. Burung Emu



Burung ini merupakan burung terbesar yang hidup di Benua Australia. Mereka adalah tertinggi di dunia nomer dua setelah burung Unta. Burung besar yang dikenal bisa berenang ini, merupakan burung yang memiliki rasa penasaran tinggi. Tak jarang mereka akan mengikuti sesuatu yang menurut mereka menarik.

8. Burung Takahe


Burung yang dikenal juga dengan nama Takahe Pulau Selatan ini merupakan burung asal Selandia Baru juga. Mereka sempat dikatakan sudah punah pada tahun 1898. Namun pada tahun 1948 mereka berhasil ditemukan lagi di Danau Te Anau, Pegunungan Muchison oleh Geoffrey Orbell

9. Burung Galapagos Cormorant


Merupakan burung endemik Galapagos. Mereka adalah satu-satunya spesies Cormorant yang kehilangan kemampuan terbangnya. Mereka memiliki selaput di kaki mereka yang membantu mereka dalam berenang dan mencari makan di laut. Mereka juga termasuk salah satu burung yang langka.

10. Burung Tasmanian Nativehen


Burung ini adalah burung endemik Pulau Tasmania, Australia. Penampilan mereka terlihat mirip ayam kampung bukan??? Dan sepertinya mereka memang dimanfaatkan oleh petani di Tasmania.

Artikel ini dikutip dari 10 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang


Burung-Burung yang tidak bisa Terbang di Dunia Reviewed by andi msc on 06.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.